BERSIH DUSUN NGETREP, DESA KURUNGREJO, KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK 

Kapolsek, Koramil, saat apel keamanan

Nganjuk, Mitrajustice.com – Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat jawa khususnya,

Dan ritual bersih Desa merupakan bentuk bersatunya manusia dengan alam. Ritual Bersih Desa, dapat didefinisikan sebagai ungkapan rasa syukur warga Desa atas berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Esa kepada masyarakat Desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah didapatkan selama setahun, juga sebagai permohonan keselamatan dan kesejahteraan warga Desa untuk satu tahun mendatang.

Bersih Dusun Ngetrep, Desa Kurungrejo, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, melaksanakan bersih Desa berupa ritual kirab tumpeng sesaji pawai alegories odong-odong bagongan dan semar yang harus di ikuti seluruh warga dusun Ngetrep dan disetiap RT wajib berpartisipasi mengadakan pertunjukan berupa hiburan. Kepala Dusun Ngetrep, Amiran mengatakan “hiburan ini ada sebelas titik, sembilan titik hiburan kuda kepang, dan dua titik hiburan musik dangdut electone,” ungkap Amiran.

“Dengan adanya ritual bersih Desa ini, kami beserta warga Dusun Ngetrep bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rizqi yang telah diberikan kepada seluruh warga Dusun Ngetrep khususnya umumnya kepada seluruh masyarakat Desa Kurungrejo, rejeki yang berupa, hasil panen yang melimpah ruah juga berupa kesehatan keselamatan dan kesejatra,an kegiatan bersih Dusun Ngetrep Desa Kurungrejo dilaksanakan 26/7 2023,”tuturnya.

Kapolsek Prambon Ridwan, menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Kurungrejo, khususnya warga Dusun Ngetrep, untuk berkalaborasi bersama sama menjaga agar situasi kondusif dan aman serta berjalan lancar, hal ini guna mengantisipasi adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi ini, terutama yang suka menciptakan keributan.

“Kami dari Polri dan TNI, All OUT untuk berkalaborasi menjaga keamanan dan kenyamanan secara maksimal dalam kegiatan bersih Dusun ini, “tutur Prambon Ridwan.

Kapala Desa Jumari mengatakan “kegiatan bersih Dusun sudah berlangsung sejak 26/7/2023 sampai sekarang 30/7/2023

Dan akhir kegiatan dari bersih Desa Dusun Ngetrep ditutup dengan pengajian Akbar yang berlangsung 8/8/2023, Kami atas nama pemerintah Desa, menyampaikan berterima kasih kepada TNI, POLRI, beserta jajaranya yang telah memberikan keamanan dan kenyamanan didalam proses kegiatan bersih Desa berlangsung. Dan kami juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Desa kurungrejo, juga masyarakat Dusun Ngetrep, atas dukunganya kegiatan bersih Desa berlangsung, ” pungkasnya. (Roby/Irno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *