DEDIKASI, LOYALITAS DAN ETOS KERJA TENAGA HONORER MEMBAWA PERPUSDES DI BLITAR KE TINGKAT NASIONAL

Berita5 Dilihat

Mitrajustice.com – Kalau berkunjung ke perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blitar tentunya akan bertemu dengan petugas perpustakaan, seorang perempuan paruh baya, yang nampak berwajah manis, enerjik, ramah dan mempunyai pengetahuan yang bagus tentang perpustakaan, sehingga setiap pemustaka yang berkunjung dan bertemu petugas tersebut akan merasa terlayani dengan optimal. Jiwa pustakawannya begitu kental meski berlatar belakang Pendidikan Administrasi Negara.

Sekilas nampak perempuan tersebut kalau orang tidak bertanya ke yang bersangkutan seperti seorang Aparatur Sipil Negara (PNS ataupun P3K) yang lulusan Pendidikan Perpustakaan, namun setelah mengorek sedikit data pribadi ternyata justru sebaliknya ternyata Mbak Celvia Dian Ayu Nindyarini, S.Sos nama lengkap petugas perpus tersebut merupakan sarjana ilmu administrasi negara, yang lahir di Malang,12 Mei 1982 dan besar di Blitar sampai sekarang ini adalah seorang tenaga honorer Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blitar sejak tahun 2008.

Seiring berjalannya waktu, Mbak Celvia terus belajar tentang Perpustakaan dalam rangka mengasah terus kompetensinya, selanjutnya dengan tekat yang kuat dan restu keluarga yakni anak lelaki tunggalnya yang menginjak sekolah lanjutan serta suami tercinta yang berprofesi sebagai pengrajin mebel untuk mendedikasikan diri dan loyalitas dan meningkatkan etos kerja pada perangkat daerah dimana dia mengabdi yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blitar.

Potensi yang dimiliki Mbak Celvia “terbaca” oleh atasannya sehingga mendukungnya untuk pengembangan kualitas diri utamanya di hal transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS) sebuah pengembangan tupoksi Perpustakaan yang tidak hanya tempat membaca dan pinjam buku.Namun berorientasi pada penguasaan literasi untuk kesejahteraan.

Kepercayaan yang diberikan atasannya (tanpa melihat status kepegawainya sebagai tenaga honorer) untuk belajar pengelolaan Perpustakaan dan sebagai pendamping TPBIS dilaksanakan dengan loyalitas dan etos kerja yang tinggi, penuh dedikasi, mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk keliling desa – desa yang ada di Kabupaten Blitar yang menjadi sasaran TPBIS. Dan sampai dengan tahun 2021 Perpusdes Samudra Pustaka milik Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar mendapat juara 1 Perpustakaan Desa (Perpusdes) tingkat Nasional yang diadakan oleh Perpusnas – RI. Dan Mbak Celvia menjadi salah satu unsur kemenangan tersebut.

Apresiasi atasannya atas kinerja Mbak Celvia yang hanya tenaga honorer namun bekerja penuh dedikasi, loyalitas dan etos kerja tinggi mengantarkan yang bersangkutan memperoleh sertifikat Fasilitator Daerah Program TPBIS yang dikeluarkan Perpusnas – RI . Sertifikat tersebut dipakai sebagai bekal untuk memberikan pendampingan pengembangan perpusdes baik di Kabupaten Blitar maupun diluar Kabupaten Blitar.

Hal itu membuktikan bahwa kepercayaan yang diberikan atasan dan diimbangi kemampuan untuk mengembangkan kualitas diri, selalu berfikir positif ditunjang etos kerja, loyalitas kepada atasan dan dedikasi yang kuat membuat kompetensi Mbak Celvia layak diapresiasi . Sehubungan hal itu, dengan melihat kualitas kompetensi yang dimiliki , pada hari Jum;at 4 Agustus 2023, pukul 09.30 sd selesai , Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang mengundangnya sebagai nara sumber Webinar Rumah Pelita dengan tema : Maju dengan Perpustakaan Desa/Kelurahan?Siapa Takut?!

Media : Zoom Meeting

Link Join

Meeting ID : 842 5457 2838

Passcode : perpus2023

Pesertanya adalah pengelola Perpustakaan baik umum dan desa serta perangkat desa/kelurahan (Lurah/Kepala Desa/Sek.lur/Sek.des) yang menjadi bagian pengambilan kebijakan tentang dana desa untuk pengembangan perpusdes dan harapan dari kegiatan ini adalah adanya pencerahan pengelolaan perpusdes dengan TPBIS, yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat desa tersebut.

Oleh: Perpustakaan dan Kearsipan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *