Mustajab! Doa Orang Tua agar Anak Pintar, Sholeh dan Sukses

Artikel33 Dilihat

Mustajab! Doa Orang Tua agar Anak Pintar, Sholeh dan Sukses

Jombang, Mitrajustice.com – Salah satu upaya untuk mendidik anak, yaitu dengan cara mendoakan anak. Berdoa untuk kebaikan anak juga menjadi gambaran kasih sayang orang tua kepada anaknya.

Doa orang tua untuk anak termasuk salah satu doa yang mustajab atau mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لَا شَكٍّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمُمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

Artinya: “Tiga doa yang mustajab dan tidak diragukan lagi, yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang berpergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.” (HR Ibnu Majah).

Dalam buku Doa-Doa Mustajab Orang Tua untuk Anaknya karya Aulia Fadhli, dikatakan bahwa hadits ini menegaskan doa orang tua untuk anaknya merupakan doa yang pasti dikabulkan Allah SWT. Untuk itu dianjurkan agar para orang tua mendoakan hal-hal baik bagi anaknya.

Bacaan Doa Supaya Anak Pintar Sholeh dan Sukses

Berikut ini adalah beberapa doa supaya anak pintar sholeh dan sukses yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Doa Anak Sholeh dalam Al-Qur’an

Dalam buku Indahnya Pernikahan & Rumahku, Surgaku karya H. Ade Saroni, doa anak sholeh dalam Al-Qur’an tertuang dalam surat Al-Furqan ayat 74 dan Surat Ibrahim ayat 40.

Bacaan Al-Qur’an surat Al-Furqan ayat 74

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Latin: walladzîna yaqûlûna rabbanâ hab lanâ min azwâjinâ wa dzurriyyâtinâ qurrata a’yuniw waj’alnâ lil-muttaqîna imâmâ

Artinya: “Dan, orang-orang yang berkata, “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami penyejuk mata dari pasangan dan keturunan kami serta jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Bacaan Al-Quran surat Ibrahim ayat 40

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ

Latin: rabbij’alnî muqîmash-shalâti wa min dzurriyyatî rabbanâ wa taqabbal du’â’

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan sebagian anak cucuku orang yang tetap melaksanakan sholat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS Ibrahim: 40)

2. Doa agar Anak Pintar dan Sukses

Berdasarkan buku Kitab Doa Mustajab Terlengkap karya Ustadz H. Amrin Ali Al-Kasyaf, berikut bacaan doa supaya anak pintar dan sukses.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَلُكَ خَيْرُ الْمَسْئَلَةِ وَخَيْرُ الدُّعَاءِ وَخَيْرُ النَّجَاحِ وَخَيْرُ الْعَمَلِ وَخَيْرُ الثَّوَابِ وَخَيْرُ الْحَيَاةِ وَخَيْرُ الْمَمَاتِ ثَبِّتْنِي وَثَقِّلْ مَوَازِيْنِي وَحَفِّفْ إِيْمَانِي وَارْفَعْ دَرَجَاتِي وَتَقَبَّلْ صَلَوَاتِي وَاغْفِرْ خَطِيئَتِي وَاسْتَلُكَ الدَّرَجَاتِ الْعُلْيَ فِي الْجَنَّةِ.

Latin: Allahumma inni as-aluka khairal mas-alati wa khairad du’aa-i, wa khairan najaahi, wa khairal ‘amali, wa khairats tsawaabi, wa khairal hayaati, wa khairal mamaati, tsabbitnii wa tsaqqil mawaaziinii, wa haffif iimaanii warfa’ darajaatii, wa taqabbal shalawaatii waghfir khathii-ati, wa as-alukad darajaatil ‘ulyaa fil jannah.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu sebaik-baik permohonan, sebaik-baik doa, sebaik-baik keberhasilan, sebaik-baik amal perbuatan, sebaik-baik pahala, sebaik-baik kehidupan, dan sebaik-baik kematian. Tetaplah padaku serta perberatlah timbangan amal kebaikanku, kokohkan keimananku, tinggikanlah derajatku, terimalah shalat-shalatku, dan ampunilah kesalahanku. Dan, aku mohon kepada-Mu untuk mendapatkan tingkat tertinggi di dalam surga.”

3. Doa Supaya Dikaruniai Anak yang Cerdas

Mengutip dari buku Risalah Doa & Zikir Keluarga karya Tim Madinatul Ilmi, berikut doa supaya dikaruniai anak yang cerdas:

أَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادِيْ وَذُرِّيَّاتِي مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْنِي وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ السُّوْءِ وَأَهْلِ الضَّيْرِ وَارْزُقْنِي وَإِيَّاهُمْ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَخُلْقًا حَسَنًا وَالتَّوْفِيقَ لِطَّاعَةِ وَفَهُم النَّبِيِّينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ

 

رَبِّ الْعَالَمِين

Latin: Allahummaj’al aulaadii wa dzurriyyatii min ahlil ‘ilmi wa ahlil khoiri walaa taj’alnii waiyyaahum min ahlissuu-I wa ahlidh dhoiri warzuqnii wa iyyaahum ‘ilman naafi’an wa rizqon waasi’an wa khuluqon hasanan wat taufiqo liththoo’ati wa fahman nabiyyiina wal hamdulillahi robbil ‘aalamin

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku dan anak-anakku serta cucu-cucuku termasuk golongan dari ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan kami sebagai ahli kejahatan dan ahli kerusakan. Berilah aku rezeki dan berilah mereka ilmu yang bermanfaat serta rezeki yang luas, tubuh yang baik, petunjuk untuk taat serta pemahaman sebagaimana pemahaman para nabi. Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam.”

Orang Tua Dilarang Mendoakan Anak dengan Doa Tidak Baik

Ketika mendoakan anak, orang tua juga perlu berhati-hati untuk menghindari doa yang tidak baik. Hal ini dikarenakan bisa jadi doa yang dipanjatkan bertepatan dengan waktu terkabulnya doa sehingga doa tidak baik untuk anak akan terkabul.

Dalam buku Fikih Pendidikan Anak karya Syaikh Musthafa al-‘Adawy, Rasulullah pun telah melarang para orang tua supaya jangan mendoakan yang tidak baik untuk anaknya.

Hal ini diriwayatkan dalam Shahih Muslim, sebuah hadits panjang dari Jabir bahwasannya ada seseorang yang mengutuk untanya, “Semoga Allah SWT melaknatmu!”. Kemudian Rasulullah SAW pun bertanya, “Siapa yang melaknat untanya ini?” Orang tersebut menjawab, “Aku, wahai Rasulullah.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Turunlah! Jangan ada sesuatu yang terlaknat bersama kami! Janganlah kalian berdoa tidak baik untuk diri kalian sendiri! Jangan mendoakan tidak baik untuk anak-anak kalian! Jangan mendoakan harta kalian dengan doa tidak baik dan bertepatan dengan waktu (mustajab) yang jika kalian meminta di waktu itu akan dikabulkan!” (HR Muslim).

Itulah beberapa bacaan doa supaya anak pintar, sholeh dan sukses yang dapat diamalkan oleh para orang tua. Semoga para orang tua selalu mendoakan anaknya dengan doa-doa yang baik.

Sumber: detikhikmah

Editor: Rin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *