Pikat Pasar Jepang, Duta Ekspor PPI Dunia Usung Furnitur Ramah Lingkungan dalam Pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024  

Internasional4 Dilihat

Tokyo, 14 Juni 2024, Mitrajustice.com – Javani Narutala, perusahaan furnitur ramah lingkungan milik Rizki Anissa, pelajar Indonesia yang menempuh studi master di Jepang berhasil memikat para pembeli yang hadir dalam pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 pada 12 – 14 Juni 2024 di Tokyo Big Sight, Jepang.

Rizki menyampaikan bahwa keterlibatan Javani Narutala di pameran ini berhasil mendapatkan transaksi potensial senilai USD 14 ribu. Selain itu, peluang kerja sama dengan retailer dan distributor dari Jepang juga terbuka lebar sehingga produk Indonesia dapat berekspansi lebih luas di Jepang.

“Kebanggaan tersendiri bisa mewakili Indonesia dan pelajar pengusaha di kancah internasional melalui keikutsertaan bisnis kami dalam pameran ini, apresiasi tertinggi bagi Kemendag khususnya Ditjen PEN, Atdag Tokyo, dan ITPC Osaka yang terus mendukung UMKM Indonesia dapat bersaing di pasar global”, ujar Rizki yang merupakan mahasiswi di United Nations University, Jepang.

Lebih lanjut, mahasiswi yang juga merupakan anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia di Seluruh Dunia (PPI Dunia) mengajak para pelajar lain untuk turut terlibat dalam pameran serupa guna mengoptimalkan peran sebagai Duta Ekspor PPI Dunia.

“Keterlibatan kami dalam pameran ini membuktikan bahwa pelajar Indonesia berperan penting sebagai Duta Ekspor untuk memperkenalkan produk UMKM ke pasar luar negeri, semoga partisipasi kami dapat diikuti para pelajar Indonesia di negara lain sehingga membantu promosi produk Indonesia”, imbuh Rizki.

Interior Lifestyle Tokyo 2024 merupakan pameran internasional produk kreatif pada sektor rumah dan gaya hidup seperti dekorasi interior, furnitur, dan perlengkapan rumah tangga. Pameran ini juga bagian dari Ambiente, yang merupakan pameran dagang internasional terkemuka di Jerman.

Paviliun Indonesia pada pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 dibuka oleh Direktur Jasa dan Produk Kreatif Kemendag, serta merupakan hasil kerja sama antara Ditjen PEN, KBRI Tokyo, ITPC Osaka dan JETRO. Adapun produk Indonesia yang ditampilkan paviliun Indonesia dalam pameran ini merupakan produk dari perusahaan pemenang Good Design Indonesia (GDI) dan peserta pendampingan Designers Dispatch Service (DDS) yang terpilih melalui proses kurasi, yaitu Javani Narutala, Bale Rattan, Baliism, Palem Craft, dan Homeware Natural Indonesia.

Dukungan terhadap para pelajar Indonesia di luar negeri yang berpartisipasi dalam pameran dagang internasional seperti Interior Lifestyle Tokyo 2024 diutarakan Merry Indriasari selaku Atase Perdagangan KBRI Tokyo. Merry menyampaikan bahwa pelajar Indonesia di luar negeri yang mengikuti pameran dagang memiliki keunggulan tersendiri karena cenderung lebih mengetahui selera pasar di negara tempat mereka studi.

“Para pelajar anggota PPI memiliki keunggulan sebagai agen market intelligence bagi produk Indonesia potensial yang akan diekspor ke Jepang, sehingga selain dapat lebih optimal ketika berpartisipasi dalam pameran, para pelajar dapat memiliki alternatif untuk menjadi eksportir produk Indonesia ke Jepang usai menempuh studi maupun menjadi buyer apabila berdomisili di Jepang “, ujar Merry yang kerap mendukung kegiatan PPI Dunia yang diselenggarakan di Jepang.

Hal senada turut diungkapkan oleh Didit Akhdiat Suryo selaku Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka, dimana ITPC Osaka berkomitmen mendukung promosi produk inovatif para pelajar Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan pasar Jepang.

“ITPC Osaka menyediakan laporan analisis intelejen dan bisnis di Jepang yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar Indonesia di Jepang, dimana saya harap dapat memberikan gambaran dan meningkatkan minat para pelajar untuk memulai ekspor produk Indonesia ke Jepang”, terang Didit.

Pelajar Indonesia yang tengah menimba ilmu di berbagai negara memiliki peran strategis dalam membantu perekonomian Indonesia, mengingat para pelajar berhubungan secara langsung dengan lingkungan pasar di negara tempat studi. Untuk itu, PPI Dunia melalui Direktorat Pengembangan Inovasi Bisnis konsisten mendukung peran pelajar sebagai Duta Ekspor PPI Dunia di 65 negara anggota PPI Dunia.

Secara terpisah, Radya Mahardika selaku Direktur Pengembangan Inovasi Bisnis PPI Dunia menyatakan dukungan atas keterlibatan para pelajar anggota PPI Dunia pada berbagai pameran dagang maupun kegiatan peningkatan ekspor lainnya seperti yang saat ini dilakukan oleh pelajar Indonesia di Jepang.

“PPI Dunia senantiasa mendukung Pemerintah dalam upaya peningkatan ekspor melalui penguatan wawasan perdagangan para pelajar Indonesia di 65 negara sebagai Duta Ekspor PPI Dunia sehingga dapat menyusul apa yang dilakukan Javani Narutala dalam menembus pasar ekspor”, ujar Radya yang turut mendukung terbentuknya komunitas eksportir pelajar aktif di beberapa negara termasuk Jepang. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *