Salut! PPI Dunia Melaksanakan KASI PANDU Awarding dan Closing Ceremony 2024  

Internasional4 Dilihat

Mitrajustice.com _ Tidak terasa Program Kelas Inspirasi Pendidikan Dunia (KASI PANDU) 2024 yang digagas oleh Direktorat Pergerakan dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) dari Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) telah berakhir setelah dimulai sejak 10 Maret 2024 lalu. Program yang memiliki slogan “Berbagi Inspirasi, Meraih Prestasi Untuk Negeri” ini telah menghadirkan para mentor penggerak, mentor pendamping dan mentor tamu yang telah berbagi inspirasi melalui pengetahuan dan pengalaman mengenai pendidikan dasar menengah di luar negeri kepada adik-adik peserta didik dan tenaga pendidik di Indonesia.

Kegiatan penutupan Program KASI PANDU 2024 dikemas dalam bentuk acara Awarding dan Closing Ceremony yang dilangsungkan secara daring melalui Zoom Meeting pada tanggal 4 Juni 2024 dengan menghadirkan 2 Bintang Tamu yang menginspirasi masyarakat Indonesia yaitu Bapak Ilham Akbar Habibie dan Ibu Prof. Dr. Carina Citra Dewi Joe.

Acara dimulai dari sambutan dan laporan dari Ketua Program KASI PANDU 2024, Bapak Hirmas Fuady Putra. Beliau menyampaikan “KASI PANDU Dalam Angka” bahwa Program yang pertama kali diadakan ini telah mampu melaksanakan kelas inspirasi selama 7 pekan dengan 147 pertemuan dan topik belajar. Selain itu, sebaran mentor penggerak berasal dari 5 benua yang merupakan kelompok pelajar Indonesia di luar negeri. 200 orang telah terlibat dalam kegiatan Kelas Inspirasi yang terdiri dari panitia, mentor penggerak, mentor pendamping, mentor tamu dan peserta. Hasil evaluasi kepada para peserta dan para mentor menunjukkan angka 80% kepuasan terhadap program KASI PANDU dengan disertai saran dan masukan dari panitia, peserta dan para mentor. Diharapkan Program KASI PANDU dapat diteruskan di tahun-tahun berikutnya dengan pelaksanaan yang lebih baik.

Setelah sambutan dan laporan dari Ketua Program KASI PANDU 2024, acara diambil alih oleh Moderator, Iwa Gandhiwa Diras, untuk memoderasi 2 bintang tamu Bapak Ilham Akbar Habibie selaku Chairman PT. ILTHABI Rekatama yang menyampaikan materi dengan topik “Pentingnya Penguasaaan IPTEK bagi Generasi Penerus Bangsa” dan Ibu Prof. Dr. Carina Citra Dewi Joe yang merupakan penemu Vaksin Astra Zeneca dengan topik “Karya Anak Indonesia untuk Dunia” dalam sebuah Studium Generale yang membuka forum diskusi dengan para peserta.

Sebelum KASI PANDU 2024 ditutup secara resmi, tak lupa panitia telah menyiapkan beberapa penghargaan kepada panitia, mentor penggerak, mentor pendamping dan peserta terbaik yang telah bekerja keras untuk mensukseskan program ini. Kategori peserta SD terbaik diraih oleh Arjuna Putra Arindra, Muhammad Althair Kautsar dan Tan Pramudya Ghazali. Kategori peserta SMP terbaik diraih oleh Alfadil Pajri, Yasmin Humaira Nartafidalova dan Zahira Nuril Ulya. Kategori peserta SMA terbaik diraih oleh Nabila Azwani, Shinta Wulansari, dan Gusti Milda. Kategori Peserta Guru terbaik diraih oleh Listiana, Lailatul Fitri, dan Dewinta Ambarwati. Kategori mentor pendamping terbaik diraih oleh Silvia Leonora Layan, Anita Fitria Rahmah, Nur Aulia Azzahrah Putri Rasyid dan Melinda Sari. Sedangkan kategori mentor penggerak terbaik diraih oleh Iwa Gandiwa Dhiras, Ratih Ayu Apsari, Siti Isnaini Kurniawati Djaha, Chandra Nia Pratiwi, Reza Aulia Rahman, dan Shaquille Alif Deandi Sofiyan.

Di akhir acara, Koordinator PPI Dunia, Bapak Hamzah Lubis memberikan sepatah dua patah kata untuk menutup Program KASI PANDU 2024 secara resmi. Beliau sangat mengapresiasi kerja keras seluruh panitia dan semua pihak yang telah turut serta mensukses kegiatan KASI PANDU yang tidak hanya melibatkan para diaspora tetapi juga turut melibatkan mahasiswa di Indonesia dan para Guru dan siswa sekolah dasar menengah di Indonesia. Bapak Hamzah Lubis berharap KASI PANDU dapat terus diberlakukan di tahun-tahun mendatang sebagai bentuk partisipasi memajukan pendidikan di Indonesia untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *