Satgas Pangan Jombang Dan Bulog Gelar Stabilisasi Harga Beras Di Pasar Sumobito

Berita16 Dilihat

Jombang, Mitrajustice.com – Pj Bupati Jombang Sugiat, S.Sos,.M.Psi.T, didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Yayuk Dwi Irawanti, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Agus Purnomo S.H, M.Si, bersama Satgas Pangan, Tim Pengendali Inflasi Daerah,(TPID) Kabupaten Jombang, Kepala Pimpinan Cabang BULOG Surabaya Selatan, Rusli, pada Selasa (24/10/2023) blusukan ke Pasar Sumobito memantau kelancaran Gerakan SIGAP SPHP atau Siap Jaga Harga Pasar dengan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (operasi pasar).

Tiba dilokasi, Pj Bupati bersama Istri memantau dan sesekali ikut melayani masyarakat yang sudah antri dengan tertib untuk belanja beras, minyak, gula, terigu produk Bulog yang digelar didepan pasar. Selanjutnya rombongan Satgas Pangan dan TPID blusukan masuk ke dalam pasar, memantau harga bahan pokok khususnya beras.

“Pagi ini kita bersama Satgas Pangan juga Bulog berada di Pasar Sumobito untuk memastikan bagaimana ketersediaan beras juga harganya. Dan hasilnya ketersediaan beras aman, namun harganya masih relatif tinggi. Untuk itu kami bersama Bulog melakukan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan menjual beras SPHP juga komoditi lainnya. Alhamdulillah Operasi Pasar yang digelar juga disambut antusias oleh masyarakat”, tutur Sugiat Pj Bupati Jombang.

Beras Bulog SPHP ini harga belinya dari Bulog Rp.10.200/kg. Pedagang bisa menjual dengan harga Rp. 10.900/kg dan ini sudah dalam kemasan 5kg.

“Yang pasti dari kegiatan ini, akan terus kita lakukan evaluasi agar dapat berjalan efektif, tepat sasaran juga dapat menekan laju inflasi. Yang terpenting masyarakat tidak perlu panik, yakin Bulog selalu SIGAP, ketersediaan beras aman harga juga stabil, dari pantauan ini tadi sudah banyak pedagang dipasar yang tertarik dengan SPHP, Tim Satgas Pangan dan TPID akan terus mengedukasi”, pungkas Pj Bupati Jombang Sugiat.

Pimpinan Cabang BULOG Surabaya Selatan, Rusli menyampaikan berharap kerjasama dengan Satgas Pangan dan TPID Kabupaten Jombang ini akan dilakukan lebih masif lagi. Gerakan SIGAP SPHP dipastikan beras SPHP akan membanjiri pasar-pasar di seluruh daerah melalui pedagang pengecer dan juga tersedia di retail-retail modern, termasuk di Pasar Sumobito

“Alhamdulillah Penyaluran beras SPHP yang ada di Kabupaten Jombang sudah berjalan. Untuk itu kami perlu lihat langsung dan memastikan program ini berjalan tepat sasaran. Kami yakinkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak perlu khawatir karena BULOG memiliki stok yang sangat aman untuk kebutuhan stabilisasi harga beras sepanjang tahun. Stok kita masih 5500 ton”, pungkas Rusli.

Usai memantau langsung harga beras di Pasar Sumobito, selanjutnya Pj Bupati Jombang bersama rombongan menindaklanjuti kegiatan terseut dengan menggelar Koordinasi Program/Kegiatan Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang, di Aula Kecamatan Sumobito. Pertemuan ini juga dihadiri Camat, Forkopimcam, dan Kepala Desa Se Kecamatan Sumobito.

*(Adm/Kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *