Tim PKRS RSUD Jombang Gelar Edukasi Kesehatan dan Sosialisasi Mobile JKN di Desa Bareng

Kesehatan4 Dilihat

foto: kegiatan penyuluhan demam berdarah, stroke, dan sosialisasi mobile JKN  di Desa Bareng

JOMBANG, Mitrajustice.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang kembali menggelar kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di Balai Desa Bareng pada hari ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memeriksakan diri ke dokter secara rutin.

Kegiatan PKRS diawali dengan sambutan dari Sekretaris Tim PKRS RSUD Jombang, ibu Siti Munawaroh S.Kep.Ns., MM. Dalam sambutannya, Ibu Siti menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan dan memeriksakan diri ke dokter secara rutin untuk mencegah penyakit.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ice breaking games untuk mencairkan suasana dan membangun keakraban antar peserta. Antusiasme masyarakat terlihat jelas saat mereka mengikuti permainan ini. Sebagai apresiasi, Ibu Siti Munawaroh memberikan hadiah kepada para peserta yang aktif dalam permainan tersebut.

Selanjutnya, materi edukasi kesehatan disampaikan oleh tiga narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. Gianita Prayoga dari tim PKRS sekaligus duta mobile JKN RSUD Jombang memberikan sosialisasi tentang Mobile JKN. Mobile JKN merupakan aplikasi yang memudahkan peserta JKN untuk mengakses berbagai layanan BPJS Kesehatan, seperti pendaftaran peserta, dan pengambilan antrean online. Gianita menjelaskan tentang cara mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN, serta manfaat-manfaat yang ditawarkannya. Melalui penjelasannya, ia menuturkan dengan penggunaan mobile JKN membuat pelayanan kesehatan di fasilitas tingkat lanjutan seperti RSUD Jombang akan menjadi praktis, mudah dan efisien.

dr. Intan Nurswida, Sp.S, dokter spesialis saraf RSUD Jombang memaparkan materi tentang pencegahan dan penanggulangan stroke. Stroke merupakan penyakit yang menyerang otak secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kelumpuhan, kecacatan, bahkan kematian. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui faktor risiko stroke dan cara mencegahnya.

Selain itu, dr. Diah Novita, Sp.PD, dokter spesialis penyakit dalam RSUD Jombang membawakan materi tentang demam berdarah. Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi serius jika tidak diobati dengan tepat. Dr. Irma menjelaskan tentang gejala demam berdarah, cara pencegahannya, dan langkah-langkah yang harus diambil jika terjangkit penyakit ini.

Kegiatan PKRS ini disambut antusias oleh masyarakat Desa Bareng. Banyak warga yang hadir dan mengikuti edukasi kesehatan dengan seksama. Mereka juga aktif bertanya kepada para narasumber tentang berbagai hal terkait kesehatan.

RSUD Jombang berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan PKRS secara rutin di berbagai desa di Kabupaten Jombang. Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang kesehatan, sehingga dapat menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan lebih baik.

Sementara, Direktur RSUD Jombang, Ibu Dr. dr. Ma’murotus Sa’diyah, M.Kes., sangat mengapresiasi kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) yang telah dilaksanakan.

“Kami dari RSUD Jombang sangat mendukung kegiatan edukasi kesehatan dan sosialisasi Mobile JKN yang dilaksanakan oleh Tim PKRS di Desa Bareng. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan memanfaatkan teknologi digital dalam layanan kesehatan. Dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan BPJS Kesehatan, termasuk pendaftaran peserta dan pengambilan antrean online, sehingga pelayanan kesehatan di RSUD Jombang menjadi lebih praktis, mudah, efisien, dan lebih nyaman karena waktu tunggu lebih terukur. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Desa Bareng dalam menjaga kesehatan mereka,” Jelasnya. (*kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *