TRADISI GREBEG SURO DAN KIRAB BUDAYA DESA SONOREJO BERLANGSUNG MERIAH

Kediri, Mitrajustice.com – Perayaan Gerebeg Suro dalam rangka menyambut 1 Suro atau 1 Muharram di Desa Sonorejo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Senin 8 Juli 2024

Perayaan dilakukan sebagai bentuk rasa syukur terhadap tuhan karena telah diberikan hasil bumi yang baik.

Selain kirab pusaka, warga juga mengarak tumpeng hasil bumi, seperti buah, palawija, dan jajanan tradisional. Hasil bumi itu kemudian dibagikan kepada masyarakat .

Kegiatan semakin seru dengan pertunjukan kesenian jarang kepang , mayoret dan kesenian tradisional lainnya. ”Ya beberapa kesenian tradisional juga di suguhkan untuk pengunjung dan wisatawan.

Dalam sambutannya H. Choliq Efendi selaku Kepala Desa Sonorejo Mengatakan Bahwasanya, Dengan kegiatan grebeg syawal ini mengingatkan kita bahwa saat ini kita itu bagaikan selembar kertas putih pada diri dan hati kita semua”, terangnya

“Jangan sampai ternoda lagi oleh tindakan-tindakan yang kurang baik, maka dari itu grebeg syawal kita jadikan pengingat pegangan kita bagaimana kita mempunyai hati dan pikiran yang bersih dan suci.

Untuk menjaga agar tetap bersih dan suci utamanya adalah dengan menjaga lidah kita karena sangat tajam dapat melukai orang lain.

Ditambahkan kembali oleh Choliq, dengan Semakin berkembangnya jaman, kita harus semakin cerdas dalam menggunakan media sosial.

“Harus lebih padai menyaring berita hoax, menebar kebencian, iri maupun dengki karena dapat mengadu domba dan merusak keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, pungkasnya.

 

Pewarta: Eko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *